You need to enable javaScript to run this app.

PERINGATAN ISRO MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW SMPN 2 MANONJAYA TAHUN 2023

PERINGATAN ISRO MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW SMPN 2 MANONJAYA TAHUN 2023

Seperti tahun-tahun sebelumnya di penjuru dunia seluruh umat Islam memperingati peristiwa besar (Isra’ Mi’raj) dengan berbagai caranya. Seperti halnya di SMP Negeri 2 Manonjaya acara peringatan isra’ mi’raj juga diadakan.

Bertempat di Aula sekolah pada hari Jumat 17 Februari 2023 / 26 Rajab 1444 H acara peringatan isra’ mi’raj berlangsung dengan penuh hikmat dan antusiasme para siswa-siswi serta guru dan karyawan sekolah yang hadir. Acara diawali dengan pembacaan sholawat yang dilantunkan oleh beberapa perwakilan siswa, dilanjut dengan pembacaan kalam Ilahi dan sabutan dari kepala sekolah yang diwakili oleh Drs. Ade Zamaludin, selaku Ketua Pelaksanan. Untuk tausiyah sendiri diisi oleh para siswa juara lomba pidato tingkat kelas.

Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa besar saat Nabi Muhammad SAW memperoleh berbagai pengalaman dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi dirinya, umatnya serta alam semesta. Pengertian Isra’ sendiri adalah perjalanan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqso, sedangkan Mi’raj adalah perjalanan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Al-Aqso menuju Sidrotul Muntaha (langit ke tujuh).

 

Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa isra’ mi’raj ini. Pertama, Tingginya derajat kehambaan, Dalam surat Al-Isra’ ayat satu, menceritakan peristiwa Isra Miraj, yang mana kata ‘abdun’ yang artinya hamba digunakan untuk menyebut Muhammad SAW. Hal tersebut menunjukkan bahwa Nabi SAW adalah hamba yang benar-benar bertakwa pada Allah SWT serta memperoleh derajat yang begitu mulia di sisi Allah SWT. Kedua, Pembekalan dakwa yang tangguh, Sebelum terjadinya peristiwa Isra Miraj, orang-orang terdekat Nabi SAW dan selalu mendukung misi dakwahnya silih berganti wafat. Sedangkan di sisi lain, Nabi SAW terus mendapat penindasan dari kaum Quraisy.

Ujian yang datang bertubi-tubi ini Allah berikan agar Nabi SAW benar-benar tangguh dalam menyampaikan dakwah. Ketiga, Menyampaikan kebenaran meski pahit, Setelah malam Isra Miraj, Nabi SAW menyampaikan kepada penduduk Mekkah apa yang baru saja dialaminya. Namun banyak yang tak percaya mengenai cerita ‘tak masuk akal’ tersebut. Hal ini menunjukkan, kebenaran tetap harus disampaikan, meski pahit karena banyak mendapat penolakan. Keempat, Syariat Nabi Muhammad Saw,  menghapus syariat Nabi terdahulu, Saat Isra Miraj, Rasulullah SAW jadi imam shalat untuk Nabi-nabi terdahulu. Hal ini jadi bukti mereka patuh dan mengikuti ajaran Nabi SAW sekaligus jadi isyarat bahwa syariatnya tersebut telah menghapus syariat Nabi-nabi terdahulu.

Kegiatan kali ini juga, pihak sekolah mendapatkan sponsor dari Rabbani Fashion yang bekerja sama dalam mensukseskan acara Tahun ini.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

UNDANG RAHMAT, S.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalamu 'alaikum wr. wb.   Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt atas segala limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga...

Berlangganan
Banner